TROUBLESHOOTING



1.  Lampu indikator pada kartu jaringan dan pada switch/hub hidup, kabel utp yang digunakan dalam kondisi yang baik, akan tetapi tidak dapat terhubung. Kemungkinan terjadi kerusakan pada port kartu jaringan.
Solusi :
Mengganti Kartu jaringan (Network Interface Card) dengan yang baru.


2.  Koneksi antara komputer dengan acces point lambat. Kemungkinan karena jarak yang terlalu jauh antara komputer dengan acces point.
Solusi :
Memperdekat jarak antara komputer dengan accespoint.

3.     Koneksi lambat yang terjadi karena banyaknya PC yang disharing. Aktifitas Client-Client PC yang Download atau Upload Malware (Virus, Trojan, Spyware) yang menghabiskan Bandwidth serta kondisi PC yang memang lambat.
Solusi :
Gunakan Bandwidth management, atau gunakan antivirus serta anti Spyware untuk mengatasi permasalahan tersebut. Atau dapat juga dilakukan dengan cara menambah kecepatan koneksi internet, Menambah kecepatan akses internet sangat diinginkan para pengguna internet. Ada banyak cara digunakan untuk menambah kecepatan akses koneksi internet, dari cara simpel menonaktifkan loading gambar pada browser hingga penggunaan software tertentu.

4.    Pinter tidak dapat di akses pada komputer lain. Dikarenakan printer tersebut belum di sharing.
Solusi :
Masuk ke control panel, pilih printers and faxes, lalu pilih printer yang akan di sharing kemudian klik kanan, pilih sharing, terakhir pilih sharing this printer lalu klik ok.


Troubleshooting pada HUB / SWITCH

1.      Port pada switch rusak
Kerusakan disini biasanya disebabkan oleh seringnya terjadi hubungan pendek pada kabel data atau konektor yang kurang bagus. Akan tetapi biasanya juga disebabkan oleh adanya grounding listrik yang kurang baik.

2.    Switch sering hang
Switch yang sering hang biasanya disebabkan oleh adanya arus bocor. Tingginya lalulintas data yang lewat di switch secara konstan dan jangka waktu yang panjang dapat juga sebagai penyebabnya. Atau juga bisa karena masa pakai switch yang sudah lama.

3.      Tidak berfungsinya fitur switch
Pada masalah ini bagian yang sering mengalami gagal fungsi adalah vlan dan fungsi redudasi. Fungi redudansi yang gagal menyebabkan terjadinya looping pada switch. Sedangkan gagal berfungsi fitur vlan menyebabkan semua system menjadi kacau, segment LAN yang berbeda yang awalnya bisa saling berkomunikasi menjadi tidak bisa berkomunikasi, system keamanan menjadi rentan, koneksi antar vlan tertentu menjadi tidak berjalan.
Solusi
-        Pastikan grounding listik sudah sesui dengan standart karena grounding yang kurang bagus dapat menjadi masalah pada peralatan listrik seperti perangkat-perangkat jaringan seperti switch dan hub

-       Pastikan kualitas dan beban koneksi pada swith atau hub sesuai dengan kapasitas dan kemampuan swith atau hub. Disini struktur jaringan dan penempatan sangat mempengaruhi kinerja switch atau hub.

-       Usahakan ruangan tempat swith atau hub cupuk dingin agar tidak gampang panas dan hang.

-       Sesekali lakukan reset pada hub atau switch

-    Cek kondisi kabel dan konektornya dan pastikan tidak ada masalah pada kabel dan konektornya
 

Trouble Shooting Pada Server

1.      Full Server / Server Penuh
Full Server , permasalahan ini disebapkan oleh penuhnya memori daya tampung dari server. Server memiliki kapasistas tertentu dan juga bisa mengalami overload.
Solusi:
Solusi yang dilakukan biasanya dibuat server baru lagi yang sama fungsinya dengan server awal. Tujuan dibuat server lagi adalah agar server tidak mengalami full memory

2.      Koneksi Bermasalah (Lag)
Koneksi bermasalah (Lag) diakibatkan oleh banyaknya user yang berada didalam sebuah server, semakin banyak user maka akan meningkatkan traffik didalam jaringan server, baik itu koneksi keluar maupun koneksi masuk. Arus traffic yang besar akan menjadi masalah jika bandwidth yang ada pada server tidak cukup besar.
Solusi:
Solusi yang dilakukan adalah membatasi user yang menggunakan server atau menggunakan server sesuai dengan batasan bandwidth.

3.      Maintenance
Maintenance ini diakibatkan oleh semua masalah diatas
Solusi:
Solusi yang dapat dilakukan adalah memanajemen penggunaan server lebih baik lagi.


Troubleshooting pada NIC

1.      Tidak dapat tersambung ke server
Kemungkinan komponen tidak berfungsi secara maksimal atau komponen rusak
Solusi:
Hardware meminta untuk menginstall driver yang biasanya satu paket dengan NIC kemudian melakukan pengujian pada NIC. Memastikan kabel terpasang dengan benar dan memeriksa lampu indikator menyala.

2.     Koneksi Jaringan putus-putus
Komponen yang berkarat memungkinkan jaringan terputus-putus
Solusi:
Mengganti komponen yang berkarat dan merawat komponen tersebut.

3.     Lampu NIC tidak menyala
Lampu NIC menandakan bahwa NIC berfungsi atau tidak.
Solusi:
Install driver NIC, memeriksa kabel UTP, memeriksa slot dan RJ45


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.